Course Content

Total learning: 13 lessons

Cara Mengubah URL Login Anda

Sebagai partner Niagahoster, Anda dapat mengubah URL panel dashboard Anda sendiri. Secara default, URL Login setelah mengaktifkan konfigurasi White Label adalah partner.niagahoster.co.id/reseller/login untuk Anda, dan partner.niagahoster.co.id/login untuk klien Anda.

Saat ini Niagahoster mewajibkan Partner untuk menggunakan Cloudflare dan SSL untuk Custom Domain dengan tujuan agar layanan keamanan pelanggan menjadi lebih baik.

Untuk mengubah URL tersebut menjadi URL domain yang Anda miliki, Anda hanya perlu mengarahkan URL domain dengan metode CNAME ke URL partner.niagahoster.co.id.

Contoh: custom.niagahoster.org diarahkan ke CNAME partner.niagahoster.co.id.

Setelah selesai, Anda dapat mulai login dengan URL baru tersebut. Dalam hal ini, URL login Anda akan berubah menjadi http://custom.niagahoster.org/reseller/login dan http://custom.niagahoster.org/login.

Cara Mengaktifkan Cloudflare dan SSL untuk Merubah URL di Niagahoster Partner

1. Buat Akun Cloudflare

Pertama masuk ke halaman Cloudflare untuk mendaftar melalui halaman berikut: https://dash.cloudflare.com/sign-up

Pada form email masukan alamat email Anda dan buat password sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah itu pilih check box dan pilih Create Account.

Apabila Anda sudah memiliki akun Cloudflare, Anda bisa langsung pilih tombol berikut: Already have an account? Log In.

2. Daftarkan Domain Situs Anda di Cloudflare

Setelah membuat akun Cloudflare, Anda akan diminta untuk memasukan alamat domain Anda yang akan digunakan untuk Custom URL.

Disini Anda bisa mendaftarkan nama domain, lalu pilih tombol Add Site. Selanjutnya Cloudflare akan mencoba mengidentifikasi DNS Anda.

Pilih tombol Next dan Anda akan menemukan beberapa paket dari Cloudflare.

Cloudflare menyediakan paket gratis seumur hidup. Anda bisa menggunakan Plan Free dan pilih tombol Confirm Plan. Selanjutnya, secara otomatis Cloudflare akan mengambil seluruh DNS di Hosting Anda.

Anda dapat menambahkan DNS baru untuk membuat Custom Domain Niagahoster Partner di sini.

Disini, domain membuatweb.site akan diarahkan ke partner.niagahoster.co.id menggunakan CNAME. Apabila Anda sudah memasukan nama sub domain, Anda bisa langsung pilih tombol Add Record. Pada panduan ini saya menggunakan “partner” sebagai sub domain membuatweb.site.

Apabila sudah ditambahkan, DNS baru akan muncul.

Selanjutnya scroll ke bawah.

Apabila sudah berada di halaman paling bawah, pilih tombol Continue. Kemudian Anda akan mendapatkan Nameserver baru dari Cloudflare.

Pada panduan ini, domain membuatweb.site mendapatkan nameserver hal.ns.cloudflare.com dan tina.ns.cloudflare.com. Nameserver yang muncul ini, bisa Anda ambil dan digunakan pada domain Anda dan pilih tombol Continue.

 

3. Merubah Nameserver Domain dengan Nameserver Cloudflare

Selanjutnya masuk domain Anda. Apabila domain berada di Niagahoster maka bisa langsung login ke member area dan pilih Nameserver pada Domain Anda.

Anda dapat merubah ns1.niagahoster.com dan ns2.niagahoster.com dengan Nameserver yang diberikan Cloudflare.

Setelah itu pilih tombol Update. Perubahan Nameserver ini membutuhkan waktu maksimal 24 jam.

Setelah merubah Nameserver, Anda bisa cek kembali halaman Cloudflare Anda. Anda akan diminta menunggu propagasi terlebih dahulu.

Apabila propagasi telah selesai, halaman Cloudflare akan memberikan informasi seperti pada gambar di bawah ini.

 

4. Mengaktifkan SSL Cloudflare

Cloudflare memberikan SSL Gratis untuk pengguna pada menu SSL/TLS.

Pilih menu SSL/TLS dan set SSL ke Full.

Setelah itu scroll ke bawah untuk menemukan fitur Always Use HTTPS.

Pastikan pada fitur Always Use HTTPS dalam kondisi On.

 

5. Mencoba Mengakses Sub Domain

Setelah semua konfigurasi telah berhasil dilakukan, Anda bisa langsung mencoba untuk mengakses sub domain yang dibuat menggunakan Cloudflare. Apabila SSL sudah aktif, sub domain akan otomatis mengarah ke halaman HTTPS.

Contoh: https://partner.membuatweb.site/reseller/login

 

Selesai.