Course Content

Total learning: 13 lessons

Cara Membuat Private Nameserver

Untuk membuat nameserver sendiri yang dapat digunakan di Niagahoster, Anda dapat melakukannya dengan membuat custom childname dengan mengarahkan ke IP nameserver Niagahoster.

Contoh:

ns1.niagahoster.org poin childname record 153.92.15.253

ns2.niagahoster.org poin childname record 156.67.223.253

Hal yang pertama harus dilakukan adalah masuk ke halaman Domain Anda. Setelah itu pilih menu Child Name.

Pada menu Child Name klik “Add New Record”.

Anda bisa membuat nameserver Anda sendiri.

Pada halaman ini Anda cukup menyimpan dan menunggu maksimal 1 x 24 jam. Private Nameserver Anda sudah siap untuk digunakan.

 

Menambahkan Private Nameserver di Cloudflare

Adapun apabila domain menggunakan Cloudflare, maka Private Nameserver dapat dibuat menggunakan DNS Cloudflare. Sebelum melanjutkan Course di sini, pastikan Anda sudah memiliki akun Cloudflare terlebih dahulu. Anda dapat melihat Course sebelumnya terkait Cara merubah URL Login Menggunakan Cloudflare.

Langkah pertama, Anda bisa langsung masuk ke halaman login Cloudflare Anda. Silahkan untuk masuk pada halaman berikut: https://dash.cloudflare.com/login

Apabila sudah berhasil login, Anda bisa pilih domain yang akan digunakan untuk membuat Private Nameserver. Pada panduan ini, kami menggunakan domain membuatweb.site.

Selanjutnya masuk ke halaman DNS.

Pada halaman DNS, pilih tombol Add record.

Selanjutnya pilih type A (@ record) dan buat Nama Private Nameserver Anda yang diarahkan ke IP berikut ini:

  1. ns1 poin childname record 153.92.15.253
  2. ns2 poin childname record 156.67.223.253

Pertama, buat Private NS1 terlebih dahulu dan pilih tombol Save.

Kemudian dilanjutkan dengan membuat NS2 dan pilih tombol Save.

Private Nameserver sudah berhasil dibuat di Cloudflare. Private Nameserver ini bisa digunakan untuk domain pelanggan Anda.

Konfigurasi default pada Proxy Status aktif. Hal ini membuat sistem Cloudflare memproteksi Private Nameserver Anda. Biasanya membutuhkan waktu cukup lama untuk propagasi.

Namun apabila Anda ingin mengarahkan langsung Private Nameserver ke IP Niagahoster, Anda bisa menonaktifkan Proxy dengan memilih tombol awan tersebut. Kedua Private Nameserver bisa diaktifkan dan dinonaktifkan.

Pada penggunaan Private Nameserver, kami menyarankan Anda untuk menggunakan Proxy sebagaimana konfigurasi default dari Cloudflare. Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan keamanan pada domain Anda.

Pada pengaturan ini Anda menunggu maksimal 1 x 24 jam. Silahkan dicek beberapa saat lagi Private Nameserver Anda siap untuk digunakan.